Beberapa Manfaat yang terkandung dalam buah Petai

petai

putrarawit – Petai, pete (IPA:pətɛ), atau mlanding (Parkia speciosa) merupakan pohon tahunan tropika dari suku polong-polongan (Fabaceae),anak-suku petai-petaian (Mimosoidae). Tumbuhan ini tersebar luas di Nusantara bagian barat. Bijinya, yang disebut “petai” juga, dikonsumsi ketika masih muda, baik segar maupun direbus.

Pohon petai menahun, tinggi dapat mencapai 20m dan kurang bercabang. Daunnya majemuk, tersusun sejajar. Bunga majemuk, tersusun dalam bongkol (khas Mimosoidae). Bunga muncul biasanya di dekat ujung ranting. Buahnya besar, memanjang, betipe buah polong. Dari satu bongkol dapat ditemukan sampai belasan buah. Dalam satu buah terdapat hingga 20 biji, yang berwarna hijau ketika muda dan terbalut oleh selaput agak tebal berwarna coklat terang. Buah petai akan mengering jika masak dan melepaskan biji-bijinya.(wikipedia.org)

Petai mengandung tiga jenis gula, yaitu sukrosa, fruktosa dan glukosa, dan juga mengandung serat makanan. Karena mengandung gula, menjadikan petai adalah makanan yang baik untuk menambah tenaga.

Beberapa manfaat yang terkandung dalam Petai diantaranya:

  • Petai mengandung asid animo yaitu triptofan yaitu sejenis protein yang mencetuskan hormon serotonin yang bisa berfungngsi untuk menurunkan kadar stress dan menjadikan diri lebih tenang.
  • Petai sebenarnya mempunyai banyak khasiat dan juga mengandung antioksidan/radial bebas yang bagus dan sangat baik untuk tubuh.
  • Menurut penelitian oleh ahli kesehatan bahwa dengan mengkonsumsi atau makan petai itu juga bisa menyembuhkan beberapa jenis penyakit yaitu penyakit tekanan darah tinggi, anemia, depresi, sembelit.
  • Petai juga bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan otak dalam berfikir, mengurangi rasa mual pada waktu pagi dan bisa menyembuhkan luka pada perut.
  • Petai juga dapat digunakan sebagai makanan untuk penderita gangguan lambung karena  bersifat lembut. Petai adalah satu-satunya buah yang boleh dimakan mentah oleh penderita maag kronis. Buah ini mampu menetralkan kelebihan asam, dan akan mengurangi iritasi dengan memberi lapisan dinding lambung.
  • Petai mengandung protein yang berguna untuk meregenerasi kulit, sehingga akan membantu kita agar awet muda. Bahkan petai diimpor, dan menurut informasi akan dijadikan sebagai bahan kosmetik disana.
  • Petai juga akan membantu orang yang mencoba untuk berhenti merokok. Vitamin B6, B12, kalium dan magnesium yang terdapat dalam petai akan membantu memulihkan paru-paru akibat efek buruk zat nikotin.
Advertisements

One thought on “Beberapa Manfaat yang terkandung dalam buah Petai

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s