Harga BBM Naik, Bagaimana dengan UMR???

bbm naik

putrarawit – Presiden Joko Widodo, Senin (17/11/2014) malam, mengumumkan kenaikan harga bahan bakar minyak bersubsidi–Premium dan Solar–masing-masing sebesar Rp 2.000 per liter. Apa dampaknya terhadap UMR?

Jika BBM naik maka kebutuhan pun akan meningkat sehingga pemerintah diharapakan untuk meningkatkan standar UMR agar lebih layak lagi. Kenaikan harga BBM subsidi tersebut sudah dipastikan akan lebih menyusahkan lagi kehidupan kaum buruh, apalagi saat ini harga BBM belum naik tetapi harga kebutuhan pokok sudah mulai naik. 

Meskipun ada BLSM (bantuan langsung sementara masyarakat) itu tidak terlalu banyak membantu, sehingga ini kan kurang pas, namun hanya masalah waktu, seharusnya bisa mengambil kebijakan yang lain, bukan menaikkan harga BBM,” katanya.

Dengan dinaikkannya BBM Pemerintah menjanjikan akan menmeri kartu-kartu sakti ke rakyat miskin. Ya, itu bagus. Tapi jadinya yang paling kena dampak itu kelas menengah. Bagaimana bagi Warga kelas Menengah? Apakah juga akan mendapatkan Kartu – Kartu sakti? Warga kelas menengah tidak mendapatkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), Kartu Indonesia Sehat (KIS), dan Kartu Indonesia Pintar (KIP). Padahal, mereka juga terkena dampak kenaikan harga BBM bersubsidi.

Dampak Kenaikan BBM, apakah pemerintah juga akan memikirkan nasib para karyawan swasta dan juga tenaga honorer yang bekerja di instansi pemerintah? Dengan dinaikkannya BBM di harapkan Pemerintah juga akan memikirkan para tenaga honorer. Dengan dinaikkannya UMR diharapkan dapat membantu meringankan nasib para karyawan swasta dan tenaga honorer.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s