HARGA CABE MEROKET AKIBAT DARI KEMARAU BERKEPANJANGAN

cabe mati 1

Kemarau berkepanjangan berakibat lahan pertanian kekurangan air, Musim kemarau seperti saat ini, sebagian wilayah di Indonesia yang mengalami kekeringan selalu kesulitan air. Jumlah wilayah yang menderita kekeringan dari tahun ketahun terlihat semakin meningkat dan meluas. Hal ini diakibatkan tidak hanya oleh rusaknya lingkungan di daerah tangkapan air, akan tetapi juga diakibatkan oleh pesatnya pembangunan fisik serta rendahnya tingkat kesadaran masyarakat dalam penggunaan air tanpa diikuti dengan upaya menjaga dan melestarikan sumber daya air.

Musim kemarau panjang membawa pengaruh terhadap hasil pertanian. Sejumlah petani mengaku hasil dari panen bulan ini turun drastis, karena lahan pertanian kekurangan air. Namun bagi petani lombok musim kemarau ini sedikit banyak menguntungkan karena harga cabe semakin meningkat. Hal ini di sebabkan karena banyak cabe yang mati akibat kekurangan air sehingga cabe semakin sedikit. Kekeringan membuat banyak petani cabai gagal panen, sehingga stok berkurang dan akibatnya harga naik

Harga cabe saat ini tepatnya di kabupaten situbondo berada dikisaran Harga 33 – 35 rb/kg pada harga petani. Hal ini cukup menguntungkan bagi para petani. Dan menurut pedagang kenaikan harga lombok ini sudah terjadi sepekan terakhir dan diperkirakan akan terus akan merangkak naik seiring pasokan yang semakin berkurang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s